Search

Keceriaan Buruh di Tangsel, Rayakan May Day Sambil Goyang ...

TANGERANG SELATAN - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang digelar, Selasa 1 Mei 2018, dirayakan dengan berbagai cara oleh kalangan pekerja di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ada yang memilih ikut aksi demonstrasi di Jakarta, bahkan ada pula yang mengisinya dengan menikmati hiburan musik dangdut di daerahnya masing-masing.

Suasana keceriaan terlihat dari sekira seribuan buruh yang memadati area di sekitar Ocean Park (OP), BSD, Serpong, Tangsel. Kaum buruh yang berasal dari berbagai wilayah di Kota Tangsel itu, lebih memilih berkumpul bersama dengan dihibur penyanyi dangdut yang telah disiapkan penyelenggara.

BERITA TERKAIT +

May DayPara Buruh di Tangsel Rayakan May Day Sambil Goyang Dangdut (foto: Hambali/Okezone)

(Baca Juga: Peringati May Day, Massa Buruh Berjoged Ria di Depan Gedung DPR/MPR)

"Saya dari Cisauk, mumpung libur ya sekalian ajak anak-isteri nikmati hiburan. Datang dari pagi tadi rombongan naik motor. Kalau kita kan biasa sehari-harinya kerja di pabrik jadi bawaannya jenuh, lumayan kalau dihibur sama acara-acara begnikan," terang Supriyatna (38), buruh pergudangan di Taman Tekno, Setu, Tangsel.

Sama halnya diungkapkan oleh, Rudjito (35), buruh kontrak yang bekerja di pabrik manufacture itu menjadikan hari libur MayDay sebagai sarana untuk berkumpul dan menjalin komunikasi antar buruh dari perusahaan lainnya. Meski begitu, dia tetap mendukung jika ada upaya dari rekan-rekannya yang memilih berdemontrasi ke Ibu Kota Jakarta.

"Kita merayakan MayDay ini kan berbeda-beda ya, tapi tetap tujuan kita sama, bagaimana agar pemerintah dan pengusaha peka dengan nasib kita, terutama soal gaji dan status kerja (karyawan). Kita support semua rekan kita yang bergerak ke Jakarta, jadi yang berhalangan atau karena keterbatasan lain tak bisa berangkat, ya kita bisa kumpul disini, silaturahmi, sekaligus memperkuat konsolidasi kita melalui sarana hiburan ini," ujar Rudjito, anggota dari salah satu organisasi buruh di Tangsel.

Selain musik dangdut, hiburan lainnya berupa senam bersama dan berbagai perlombaan yang di ikuti pula oleh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany beserta beserta jajaran dinas terkait. Para buruh yang menjadi juara lomba, akan diberikan hadiah-hadiah menarik seperti, lima unit sepeda motor, kulkas, sepeda, dan hadiah menarik lainnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Tangsel, Purnama Wijaya, menyampaikan, kegiatan hiburan yang digelar pada hari buruh ini dapat dimaknai sebagai wujud kebersamaan antara pemerintah daerah dengan kaum buruh. Dengan begitu, ada poin positif yang diperoleh baik bagi pekerja maupun bagi stabilitas sosial.

"Tujuannya adalah mempererat hubungan silaturahmi antara buruh dan pengusaha, itu yang pertama. Yang kedua, mengurangi teman-teman serikat buruh yang akan berorasi ke Jakarta, jadi bisa digunakan untuk hal-hal yang positif disini," ungkapnya di lokasi.

May DayPara Buruh di Tangsel Rayakan May Day Sambil Goyang Dangdut (foto: Hambali/Okezone)

(Baca Juga: Staf Kepresidenan: Selamat Hari Buruh, Rayakan dengan Gembira, Peringati dengan Damai)

Diakuinya, jika saat ini masih saja ada perusahaan-perusahaan yang belum memenuhi standarisasi gaji pekerjanya berdasarkan ketetapan pemerintah. Jika hal demikian terjadi, disarankan Purnama, agar para pekerja melaporkan kasus tersebut ke Disnaker setempat guna mendapatkan ruang mediasi.

"Masih ada beberapa perusahaan yang tidak dapat memenuhi standard gaji sesuai perundang-undangan yang berlaku. Mereka harus melapor ke Disnaker, nanti kita mediasi melalui teman-teman Pengawas di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Banten, ya diproses," pungkasnya.

(fid)

Let's block ads! (Why?)

https://news.okezone.com/read/2018/05/01/338/1893333/keceriaan-buruh-di-tangsel-rayakan-may-day-sambil-goyang-dangdut

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Keceriaan Buruh di Tangsel, Rayakan May Day Sambil Goyang ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.